Depak Ukraina, Inggris ke Perempatfinal

Posted by Sangat Unik


Inggris berhasil melanjutkan langkahnya ke perempatfinal Piala Eropa 2012 setelah memenangi laga penyisihan Grup D terakhir melawan Ukraina dengan skor akhir 1-0.

Bertanding di Donbass Arena, Rabu (20/6/2012) dinihari WIB, Rooney yang baru saja kembali dari skorsing, mencetak gol kemenangan timnya di menit 48.

Pada laga ini, Ukraina lebih mendominasi permainan. ESPN Soccernetmencatat skuad besutan Oleg Blokhin ini memiliki 57 persen penguasaan bola dan total 15 tembakan dengan tiga di antaranya on target.

Di sisi lain, Inggris memiliki 43 persen penguasaan bola dan tiga dari 10 tembakannya yang mengarah ke sasaran. 

Dengan hasil ini, Inggris lolos sebagai juara grup dengan mengemas tujuh poin dan akan menghadapi Italia di babak selanjutnya. Sementara Ukraina dipastikan tersingkir setelah hanya memperoleh tiga poin.

Jalannya Pertandingan

Ukaina tampil menekan di awal pertandingan. Di menit ketujuh, Denis Garmash melakukan percobaan dengan menembak dari luar kotak. Bola masih melambung.

Inggris mulai membangun serangan. Sisi kiri Ashley Young berniat mengirim umpan ke depan mulut gawang namun langsung dicegat oleh kiper Andriy Pyatov.

Tekanan terus merepotkan pertahanan Inggris. Di menit 21, Oleg Gusev melepaskan tembakan keras dari jarak jauh yang melambung tipis di atas mistar.

Enam menit kemudian, Rooney melewatkan sebuah peluang bagus. Di posisi tak terkawal, Rooney menyundul bola hasil umpan Ashley Young. Bola masih melebar.

Serangan balik berbahaya Ukraina. Andriy Yarmolenko melewati Cole untuk melepaskan tembakan kaki kiri dari dalam kotak. Joe Hart masih sigap menangkap bola.

Di sisa waktu menuju turun minum, tak ada peluang berarti yang tercipta. Skor Inggris vs Ukraina masih imbang 0-0.

Inggris cuma butuh tiga menit setelah restart untuk mengungguli Ukraina 1-0. 

Usai sepak pojok diamankan, bola kembali ke kaki Gerrard. Ia melakukan crossing yang tak bisa diantisipasi oleh Pyatov dan Rooney dengan mudah menceploskan bola ke gawang dengan sundulannya.

Rooney kembali menebar ancaman. Operan bola Gerrard membuat Rooney leluasa bergerak dari tengah ke kotak namun ia terhadang oleh bek sehingga harus mengoper kepada Milner yang tembakannya bisa diblok.

Kontroversi! Di menit 63, John Terry melakukan sapuan tendangan Marko Devic di garis gawang. Namun, dari tayangan ulang terlihat bola tampak sudah melewati garis. 

Empat menit kemudian, peluang Inggris tercipta lewat Cole. Crossing Milner di tepis Pyatov, diteruskan dengan tendangan Cole namun masih menyamping.

Serangan balasan Ukraina. Di menit 74, Konopylanka melepas tembakan kencang dan dihalau Hart. Bola rebound langsung dibuang oleh Joleon Lescott.

Menjelang akhir pertandingan, Ukraina masih terus menekan untuk menciptakan gol balasan. Di menit 84, umpan Nazarenko melambung dan keluar.

Laga berakhir dengan kemenangan Inggris 1-0.


Susunan Pemain

Inggris: Hart; Cole, Lescott, Terry, Johnson; Parker, Gerrard, Young, Milner (Walcott 70'); Rooney (Oxlade-Chamberlain 86'), Welbeck (Carroll 83')

Ukraina: Pyatov; Selin, Khacheridi, Rakitskiy, Gusev; Garmash (Nazarenko 79'), Tymoschuk; Konoplyanka, Devic (Shevchenko 70'), Yarmolenko; Milevskiy (Butko 78')

source: http://sport.detik.com/pialaeropa/read/2012/06/20/023535/1945663/514/depak-ukraina-inggris-ke-perempatfinal?b991105bcom