Pengertian Hilal

Posted by Sangat Unik


Apa Itu hilal.?
Hal iniLah yang membuat Keraguaan saat Menetukan 1 Syawal Pada tahun ini, sebuah Kejadian Yang Membuat Perbedaan Pendapat, Bagaimana tidak pada kalender Mashei Penetapanya Tanggal 30 Agustus Namun Secara Mendadak Diundurkan Karena Saat Matahari Mulai Terbenam pada tanggal 29 Agustus Hilal belum tampak Oleh mata Telanjang, Sebagai Orang islam Kita sudah selayaknya Mengetahui Apa makna Hilal itu
Apa Itu Hilal, Hilal adalah sabit bulan baru yang menandai masuknya bulan baru pada sistem kalender Qomariyah atau Hijriah.
Dalam bahasa Arab Hilal dikatakan "al-hilal - ahillah" yaitu bulan sabit (crescent) yang pertama terlihat setelah terjadinya " ijtimak ". Ijtimak adalah bulan baru (new moon) disebut juga bulan mati


Hilal merupakan fenomena tampakan Bulan yang dilihat dari Bumi setelah ijtimak atau konjungsi. Perbedaan tempat dan waktu di Bumi mempengaruhi tampakan hilal. Hilal sangat redup dibandingkan dengan cahaya Matahari atau mega senja. Dengan demikian hilal ini baru dapat diamati sesaat setelah Matahari terbenam.
Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi tampakan hilal. Hal ini menyangkut kriteria visibilitas hilal. Kedudukan Bumi, Bulan, dan Matahari memungkinkan tinggi dan azimut Bulan dapat dihitung saat Matahari terbenam. 
Demikian halnya dengan beda tinggi dan jarak sudut antara Bulan dan Matahari. Tidak kalah pentingnya adalah faktor atmosfer dan kondisi pengamat yang ikut menentukan kualitas tampakan hilal.

source: http://www.ilmuini.com/2011/08/pengertian-hilal.html